Wednesday 20 July 2016

Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros

Dunia Meutuah -- Selama ini, kendala yang dialami semua smartphone android Merk apapun itu pasti ingin mengetahui cara agar internet android tidak boros dan menyebabkan kuota paket data internet menjadi cepat terkuras. Apakah penyebab internet pada android boros? Alasannya adalah seperti gambar dibawah ini.
Jika anda membuka menu Pengaturan => Manager Aplikasi => Aplikasi Berjalan. Maka akan muncul daftar aplikasi yang sedang berjalan dibelakang background. Semua aplikasi yang berjalan dibelakang background itulah yang memakan kuota internet dan memakan RAM pula. Misalnya, anda hanya memakai ponsel android anda hanya untuk BBM saja dan tidak menjalankan aplikasi lainnya, tetapi kuota internet anda cepat habis. Meskipun kita tidak membuka aplikasi lainnya tetapi sebenarnya aplikasi itu mengakses internet dibelakang background ketika kita menghidupkan data koneksi internet. Seperti aplikasi Google Play Store, Updater, Whats App, Line, dan aplikasi lainnya. Hal itu dikarenakan aplikasi tersebut mendapatkan permission liscence yaitu izin untuk mengakses internet tanpa harus membuka aplikasinya. Lalu bagaimanakah solusinya?

Solusi yang digunakan untuk masalah ini adalah dengan satu aplikasi yang juga memiliki permission liscence untuk menghalangi aplikasi yang tidak dibuka agar tidak bisa mengakses internet dengan sendirinya. Tetapi pengguna sendiri yang menentukan aplikasi apa saja yang bisa terkoneksi jaringan internet. Nama aplikasi ini adalah Droidwall. Bagaimana cara menggunakannya? Jika anda adalah orang awam yang baru mengenal aplikasi ini, anda bisa ikuti step by step berikut:

Silahkan anda download terlebih dahulu aplikasinya Droidwall, kemudian install aplikasi Droidwall pada smartphone android anda.

Jalankan Aplikasi Droidwall
Setelah anda selesai mendownload aplikasi tersebut silahkan anda buka aplikasi Droidwall-nya. Saat pertama kali membuka aplikasi akan muncul seperti gambar diatas, dimana kita diberikan pilihan aplikasi mana saja yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan internet melalui Wifi dan Koneksi Data.

Cek List Pilihan Anda
Lihatlah gambar di atas! Silahkan anda beri centang pada aplikasi apa saja yang boleh mengakses internet ketika menghidupka Data Internet atau Wifi. Jika tidak dicentang, aplikasi tersebut tidak akan bisa mengakses internet meskipun aplikasi tersebut kita buka.

Terapkan Pilihan di Droidwall
Setelah anda selesai memilih, pastikan "Firewall disable" dan "Log Enable" berwarna hijau seperti pada gambar di atas, lalu kemudian pilih “Save Rules”. Selesai. Aplikasi yang anda centang tersebut adalah aplikasi yang diperbolehkan untuk mengakses internet ketika menghidupkan Data Internet atau Wifi. 

Aplikasi ini telah dibuktikan sendiri oleh blog Bedakan Smartphone jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk mencoba aplikasi ini. Dengan aplikasi ini anda sudah menghemat internet hingga 80%. Tetapi, yang harus anda INGAT! Aplikasi Droidwall dapat diterapkan hanya untuk smartphone android yang telah sukses di root. Bagaimana cara root android? Setiap Merk smartphone android memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan root, jika anda belum tahu caranya, silahkan anda komentar dibawah ini dan tuliskan apa Merk dan Type ponsel anda, maka akan di share cara root untuk device anda.

Demikianlah Cara Menghemat Kuota Internet Android Agar Tidak Boros. Jika anda kurang yakin dengan tutorial yang dibuat oleh blog ini anda bisa mencarinya di website atau blog lainnya melalui Search Engine Google karena sangat banyak disana, tetapi kembali lagi pada individu masing-masing yang mana bagi anda nyaman dan aman untuk diikuti. Terimakasih telah berkunjung ke blog yang sederhana ini dan sampai jumpa ke trik, tips dan tutorial aplikasi android berikutnya.




0 Berkomentar: