Thursday 11 August 2016

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card


Smartphone android telah dibekali dengan memori internal yang besarnya beragam. Untuk kelas low end biasanya 512 MB, kelas middle end biasanya 4 GB, sedangkan smartphone premium sebesar 8 GB atau di atasnya. Meski terdengar cukup besar, namun seiring banyaknya game serta aplikasi berkualitas tinggi, memori internal tersebut menjadi tidak muat. Aplagi jika kita ingin menginstall game dengan grafis HD yang biasanya berukuran 1-2 GB per gamenya. Tentu saja memori internal untuk kelas mengengah saja yang notabene 4 GB menjadi sangat terbatas. Terlebih, biasanya smartphone android sedikit menipu konsumen karena dari 4 GB yang tersedia, hanya setengahnya saja yang bisa digunakan oleh pengguna karena harus berbagi dengan system.
Cara untuk mengatasi masalah keterbatasan memori tersebut kita bisa menyiasatinya dengan cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card atau memori eksternal. Dengan begitu kita dapat menyimpan lebih banyak aplikasi dan memiliki ruang lebih. Ada beberapa cara memindahkan aplikasi android ke SD card saat ini, baik melalui aplikasi pihak ketiga yang mensyaratkan prosses root, maupun dengan cara pemindahan manual dengan computer.
Kali ini Arrend akan berbagi cara memindahkan aplikasi android ke SD Card tanpa root, berikut ini tutorialnya : Install driver HP android anda dan sambungkan HP android anda ke PC anda.
  1. Masuk ke menu settin/pengaturan –  pilih “applications” – “development” – beri check list pada pilihan “USB Debugging”
  2. Langkah berikutnya unduh file “move to SD” disini 
  3. Ekstrak file hasil unduhan tersebut. Yang semula bernama MovetoSD.zip menjadi  Move to SD.bat
  4. Hubungkan smartphone android Anda dengan computer, pastikan driver sudah terbaca.
  5. Setelah itu cari file Move to SD.bat tadi lalu jalankan
  6. Akan muncul muncul command prompt, tunggu proses tersebut berjalan lalu tunggu hingga selesai.
  7. Setelah selesai, alihkan perhatian ke smartphone, pergi ke menu seeting
  8. Plih menu Application – manage Application– dan coba sentuh salah satu aplikasi, maka akan muncul opsi Move to SD card.
Itulah Cara memindahkan Aplikasi Android ke SD Card tanpa root, agar android anda tidak menampilkan pesan “Ruang  Penyimpanan Penuh”. Sangatlah mudah untuk mencobanya sendiri, tidak perlu ke konter tempat perbaikan Hp. Terimakasih.

0 Berkomentar: